HP GSM Untuk Modem

Sekadar berbagi pengalaman saja, saya menggunakan HP motorola V3 sebagai modem internet. Pikir-pikir dari pada beli modem yang harganya mahal, mending beli hp seken untuk modem.

Sebenarnya jika kita menggunakan HP gak beda dengan Modem USB, kalau dilihat sisi ekonomisnya HP lebih hemat. Cari saja HP Motorola bekas yang harga Rp 250.000,- Pokoknya yang GPRS kelas 10 wap 2.0. contohnya C560, V3, C380, L6 dsb yang disebutkan td murah deh harganya



Untuk menjadikan hp sebagai modem di komputer kita pun dapat melakukan beberapa langkah mudah, dan hal-hal yang terlebih dahulu perlu di persiapkan dalam melakukan hal ini adalah :
  1. Handphone yang mendukung 3G/3.5G, lalu apakah hp yang belum mendukung fitur tersebut dapat digunakan? semisal hanya mendukung gprs?, tentu bisa, namun kecepatan internet dari GPRS sangat lambat, jadi lebih baik gunakan yang 3G/3.5G, jadi saya tidak akan membahas yang GPRS namun langkah yang di pakai tidak lah jauh berbeda.
  2. SIM CARD untuk internet, bisa IM2, IM3,Telkomsel flash unlimited, XL atau yang lain nya
  3. FIRMWARE dari handphone yang kita gunakan, firmware adalah driver yang kita gunakan untuk mengoperasikan handphone kita, misal: untuk nokia adalah nokia , sony ericsson Motorola dll. pastikan firmware yang anda miliki adalah firmware untuk jenis handphone anda, jangan berfikir bahwa semua firmware dari satu merk hp namun berbeda jenis dapat anda samakan, karena hal tersebut dapat mengakibatkan hp anda tidak terdeteksi.
  4. Kabel data/ Bluetooth, untuk menyambungkan hp kita ke internet di butuhkan suatu media seperti kabel data/ bluetooth. pengalaman saya jika pakai bluetooth baterai boros, mendingan kabel data saja.
  5. Nah, kalo semua itu sudah lengkap maka tinggal kita lakukan langkah-langkah pemasangan nya. Langkah-langkah nya adalah:
  • Instal driver FIRMWARE bawaan hp silakan download untuk, Nokia , Sony Ericson, Motorola
  • Kalo sudah selesai instal maka lanjutkan dengan menghubungkan kabel komputer dan hp dengan kabel data/ bluetooth. Pastikan sim card nya sudah terasang di hp
  • setelah hp dan komputer sudah terhubung secara benar maka dengan sendiri nya hp akan muncul di panel firmware anda.
untuk settingan internet dikomputer, tidak perlu setting di control panel yang ribet, cukup setting aja di instalannya HP tadi. untuk hp nokia, SE dan motorola tidak jauh beda.
settingannya :
Simpati
User Name :wap
Password : wap123
APN : Internet
IM3
User Name :gprs
Password : im3
APN : www.indosat-m3.net
O . . ya selama ini saya menggunakan IM2 Unlimited , harga kartu Perdanya RP 200.000 udah termasuk isi pulsa unlimited 30 hari. tiap bulannya Rp 125.000,- masa tenggang 6 bulan
Jika simpati flash per 1 KB Rp 1,-
Jika flash 5000 dapat 5mb masa berlaku 7 hari
Jika flash 10000 dapat 15 mb masa berlaku 7 hari
Jika flash 20000 dapat 35 mb masa berlaku 30 hari
Jika flash 50000 dapat 125 mb masa berlaku 30 hari
Jika flash 100000 dapat 300 mb masa berlaku 30 hari
IM3 1 KB, Rp 1,-
jadi silakan pilih aja yang mana disuka? selamat mencoba . .
Tag : internet, modem
0 Komentar untuk "HP GSM Untuk Modem"

Back To Top