Rokok . . Oh . .Rokok

Suatu hari saya diajak teman saya ke rumah pamannya. Setelah sampai rumahnya, ternyata orang nya perokok berat. Satu hari bisa menghabiskan 2-3 bungkus rokok, bayangkan jika 1 bungkus rokok isinya ada 10 batang x 3 bungskus sehari 30 bantang rokok di hisapnya. Setelah ngobrol sana- sini, orang tadi bicara yang masih saya ingat sampai sekarang.
Kelebihan Orang merokok ada 3:
1. Mudah bersosialisasi dengan warga masyarakat yang kita baru kenal.
2. Maling Tidak berani masuk kerumah
3. Usia tidak panjang

Bila di kutip dari pembicaraan tadi ada benarnya





1. Memang kebiasaan masyarakat kita jika kumpul-kumpul yang disodorkan pasti rokok, untuk basa- basi kita mencari topik pembicaraan. Tapi bagaimana pun kita bisa menolak dengan cara halus, itu pun gak mengurangi kita untuk bermasyarakat. Pernah saya kumpul-kumpul saya memberi permen ( saya tidak merokok) eh malah diketawakan. itupun gak mengurangi kita dalam pergaulan

2. Maling tidak berani masuk ke rumah, karena perokok tiap pasti batuk, mari kita ulas kandungan rokok yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh: TAR
Mengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.


KARBON MONOKSIDA (CO)
Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen
NIKOTIN
Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.
Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya.
Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit :
  • ANGINA
Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung.
  • ASMA
Mengalami kesulitan bernafas.
  • ALERGI
Iritasi akibat asap rokok.
Gejala-gejala gangguan kesehatan :
iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas.
Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin.
Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.
Banyak orang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.
3. Usia Tidak Panjang panjang: Hasil survey dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia mengungkapkan setiap hari di Indonesia diperkirakan 1172 orang tewas akibat tembakau khususnya rokok. Dari jumlah itu didominasi oleh kaum pria sebanyak 67 persen dan perempuan sekitar 5 persen. hal itu dikemukakan peneliti dari Pusat Kajian Bioetik dan Perilaku Kesehatan Fakultas Kedokteran (FK) UGM Yayi Suryo Prabandari di Fakultas Kedokteran UGM, Jum'at (29/5). Saat ini ada trend peningkatan jumlah remaja terutama kaum putri yang merokok hingga 30 persen.“ Memang masih didominasi kaum pria tapi saat ini ada trend peningkatan pengguna di kalangan remaja putri,''kata dia. ndonesia berada di peringkat ke tiga sebagai negara yang masyarakatnya terbanyak sebagai perokok setelah China dan India. Kondisi ini sama dengan keberadaan masyarakat Indonesia yang terserang TBC.
I
Tag : kesehatan, rokok
8 Komentar untuk "Rokok . . Oh . .Rokok"

waha pertamanya mas...
weh...pont no 2 tuch perlu dikasih tanda kutip mas haha..
iya emang batuk2 bengek hihi...
bahaya merokok memang jelas nyata namun kebanyakan dihiraukan..
Sukses Slalu!

Alhamdulillah, saya sudah berhenti merokok ... lebih dari 2 tahun yang lalu...

Merokok lebih banyak ruginya, lebih baik uangnya ditabung. Mulai hidup sehat dengan berhenti merokok :)

Memang terkadang lingkungan dan pergaulan berpengaruh banyak ya ?..

Saya juga perokok ni Gan, tapi gak begitu berat, yah.. 1 bungkus bisa 2 hari.
Dan kebetulan gak pake filter seperti banyak di katakan mengandung darah B2, namun bukan ini yg saya banggakan malah justru sebaliknya, cuma untuk stop agak susah.

orang tidak berhenti merokok mungkin sebenarnya belum yakin bisa hidup tanpa rokok.. kemungkinan yg sedikit bersilnya. itu kata2 teman saya setelah baca postingan sy...

monggo melebet mawon

rokok juga punya manfaat, silahkan disimak disini http://whyu-online.blogspot.com/2009/02/manfaat-rokok-apa-ada.html

wheeee.....bagus

g bsa berhenti gan klo mslah ini..:(

Back To Top