Google Juga Merayakan Hari Bumi


Hari ini tanggal 22 April seluruh dunia memperingati hari  sedunia.  Hari bumi dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. ide ini pertama kali bermula ketika dia berpidato di negara bagian Seattle 1969 yang dimana dia membahas tentang desakan memasukan isu-isu kontroversial diantaranya tentang bumi. Selanjutnya disebarluaskan akan diadakannya Hari Bumi sedunia tanggal 22 april 1970. Apa yang terjadi pada tanggal tersebut, 20 juta orang turun ke jalan-jalan kota, sehingga Senator Gaylord Nelson berucap “fenomena ini sebagai ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan dunia. Kebanyakan yang ikut memperingati hari BUMI sedunia adalah pelajar, mahasiswa, sarjana atau orang berpendidikan yang juga memprotes tentang gerakan anti perang, membela hak2 sipil, mereka sepenuhnya mendukung keselarasan para aktifis yang membela lingkungan hidup dan yang memperjuangkannya agar Bumi ini menjadi lebih baik dan tidak tercemar. Agenda ini kemudian menjadi agenda tahun di Amerika yang kemudian diperingati sebagai HARI BUMI SEDUNIA. Hari bumi sedunia memang unik, lihat saja peserta pertama kali 1970 sudah sebesar 20 juta orang, dan diperkirakan sekarang sekitar 500 juta lebih yang memperingatinya.
Hari bumi belum banyak diketahui oleh orang awam, kebanyakan hanya diketahui dan dilaksanakan oleh para aktifis peduli lingkungan di seluruh dunia. Semoga peringatan hari Bumi sedunia tidak hanya menjadi ajang ngumpul-ngumpul para aktifis yang katanya peduli kepada bumi, tapi ada tindak lanjutnya lewat perbuatan. Apakah anda juga ingin menyelamatkan bumi, cara paling mudah adalah lakukan tindakan sederhana yang setiap kali bisa dilakukan yaitu ‘Buang Sampah pada Tempatnya’.
Google biasa setiap momen-momen  penting selalu memberikan apresiasi, tak lupa pada tannggal 22 april 2015 ini google ikut juga merayakannya. Google membuat doodle khusus yang bertema Hari Bumi 2015.Doodle Google pada hari ini berubah dengan tampilan bola bumi yang berotasi dengan paduan nuansa lingkungan berupa flora dan fauna. 
Semoga pada hari bumi bukan sebagai seremoni biasa tetapi tindakan nyata supaya kita mencintai bumi ini. Banyak hal-hal yang bisa kita lakukan mungkin dari hal yang kecil dulu dilingkungan keluarga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat perangkat USB bootable dengan mudah

Rufus adalah alat yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. Rufu...