Kerajinan Getah Nyatu Tembus Mancanegara


Kerajinan Getah Nyatu, salah satu produk kerajinan tangan andalan dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menembus mancanegara, antara lain dibawa wisatawan mancanegara sebagai cinderamata.



Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kapuas, Hatta Setia mengatakan Selasa (23/3), sebagian besar wisman mendapat kerajinan tersebut dari toko souvenir yang ada di Pulau Bali. Karena sebagian besar kerajinan tangan tersebut dibeli pengusaha toko souvenir Pulau Dewata tersebut untuk dijual kepada wisman maupun wisatawan nusantara sebagai cinderamata.

Namun ia sendiri tidak mengetahui secara pasti, wisatawan dari negara mana saja yang banyak membeli kerajinan khas Kabupaten Kapuas tersebut. Sampai sejauh ini kerajinan getah Nyatu masih belum dapat diekspor sebagai komoditas andalan karena bahan baku yang sulit didapat untuk memenuhi permintaan ekspor. "Para perajin masih kesulitan mendapatkan bahan baku, itulah alasan kenapa kerajinan ini belum bisa memenuhi tawaran ekspor," katanya.

Kerajinan getah nyatu dibuat dengan berbagai bentuk mulai dari gantungan kunci, tempat alat tulis, hiasan dinding maupun hiasan meja bermotif khas Dayak Kalteng dengan harga jual mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan bentuk kerajinan. Getah Nyatu berasal dari pohon Nyatu yang umumnya berasal dari hutan-hutan lebat yang ada di wilayah Kalimantan seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Selain kerajinan getah nyatu, kerajinan tangan anyaman rotan juga masih diminati wisatawan asing namun sampai sejauh ini juga belum dapat perhatian berbagai pihak di Kabupaten Kapuas, yang menjadikan kerajinan tersebut sebagai komoditas ekspor, walaupun bahan baku rotan melimpah.


sumber : kaskus
0 Komentar untuk "Kerajinan Getah Nyatu Tembus Mancanegara"

Back To Top