10 Cara makan yang menyehatkan

Kebiasan makan sehat perlu dilakukan, agar tubuh kita selalu sehat dan segar. Kebiasaan tersebut mulai dari pola makan, waktu makan, cara memakannya, dsb-nya.

Seperti ditulis pada buku Makanan Untuk Membina Kejernihan Pikiran sebagai Filsafat Vegetaris, setidaknya ada 10 kebiasaan makan yang dinilai sangat menyehatkan.

1. Jangan terlalu kenyang

Perut yang terlalu kenyang akan menekan seluruh sistem pencernaan makanan dan menghambat proses pencernaan itu. Makanan yang setengah dicerna akan membentuk sampah dan membusuk di dalam tubuh, dan puncaknya adalah melemahkan seluruh sistem.

2. Makan dalam suasana damai dan gembira

Apabila makan tergesa-gesa atau makan dalam keadaan letih, terganggu, atau dalam keadaan sedih, makanan tidak akan dicerna secara sempurna dan semua zat gizi yang dikandung akan lenyap. Ketika pikiran sedang kalut maka seluruh tubuh kitapun mengalami kekalutan.

Pada saat ini bukan saja makanan tidak dicerna secara sempurna, tetapi makanan yang tidak dicerna juga menghasilkan asam yang sangat berbahaya dan beracun dalam tubuh. Pada kondisi ini lebih baik kita tidak makan sama sekali.

3. Jangan terlalu banyak jenis makanan

Kombinasi yang terlalu banyak pada sekali makan sangat merepotkan sistem penyernaan kita, maka sebaiknya makan dengan kombinasi tidak lebih dari empat jenis makanan.

4. Kunyah makanan itu sampai halus merata

Khususnya makanan bertepung seperti nasi, roti, mie, dll. Kunyah dengan sebaik-baiknya, jangan tergesa-gesa menelan makanan itu, karena apabila makanan tersebut tidak dapat dicerna di dalam perut akan menghasilkan racun yang akan melemahkan seluruh sistem pencernaan. Air ludah bersifat alkali, apabila dicampur dengan makanan yang bersifat asam.

5. Duduk dengan sikap yang baik ketika makan

Duduklah dengan punggung tegak saat makan sehingga energi akan lancar mengalir.

6. Usahakan sempat istirahat setelah makan

Setelah makan usahakan jangan langsung mengerjakan pekerjaan fisik atau mental. Saat itu semua energi tubuh dan darah diperlukan dalam proses pencernaan.

7. Hindari makan makanan penyela

Makanan memerlukan waktu empat jam untuk meninggalkan lambung. Setelah itu cairan pencernaan terhimpun kembali dan siap untuk proses pencernaan berikutnya.

Apabila kita makan beberapa kali sehari, cairan pencernaan tidak pernah mendapat kesempatan berkumpul sepenuhnya dan cairan yang tidak seberapa kuat ini tidak mampu mencerna secara sempurna.

Jadi makanlah ketika kita benar-benar merasa lapar, maksudnya tidak makan ketika perut masih penuh dan jangan lebih dari empat kali dalam sehari.

8. Jangan makan terlalu malam, dekat dengan saat untuk tidur

Sebaiknya makanlah satu setengah jam menjelang waktu tidur, karena tidur dengan perut kenyang akan menimbulkan gas-gas yang menyebabkan mimpi. Berjalan-jalan di udara terbuka sebelum tidur akan membantu pencernaan mencapai keadaan relaks.

9. Minum air secukupnya setiap hari

Air merupakan pencuci alamiah yang dapat membersihkan tubuh dari racun dan kotoran. Minumlah sekitar 3-4 liter dalam sehari, tapi jangan minum terlalu banyak ketika makan agar cairan pencernaan tidak larut dan menjadi lemah. Tambahkan air jeruk dan garam atau madu ke dalam air minum yang di makan.

10. Jangan makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin

Makanan terlalu panas mengganggu sistem pencernaan, karena sistem pencernaan bekerja pada batas temperature tertentu. Panas makanan tersebut dapat mengganggu lapisan lender yang melapisi saluran pencernaan.

Makanan yang terlalu dingin akan membuat sistem pencernaan mengkerut sehingga proses pencernaan menjadi semakin sulit. Makanan yang terlalu dingin dapat membuat saluran-saluran pernafasan mengkerut dari hidung hingga paru-paru, sehingga semua menjadi peka.

6 komentar:

  1. waha mantep ne tipsnya
    buat point yang no 1 itu saya setuju sob
    makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang
    sukses Slalu!

    BalasHapus
  2. keren sob :)
    saya suka informasinya :) mantap!

    terimakasih

    BalasHapus
  3. apalagi kalau lagi mau diet, bener bener harus memperhatikan bagaimana cara makan yang baik, nice info

    BalasHapus
  4. Point no 4 yang paling sulit dilakukan, kalo ane lebih suka pake yang lebih cepat lebih baik,, hehe
    G biasa sob!!

    BalasHapus
  5. mantapp gan,,
    bener banget gan,,
    makan biasanya harus lebih banyak dikunyah dan perlahan,,
    agar diet juga lancar,,
    he heheh

    BalasHapus

Membuat perangkat USB bootable dengan mudah

Rufus adalah alat yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. Rufu...