Metamorfosis pada Hewan

Apakah Metamorfosis itu ?
Dari sekian banyak hewan yang ada di dunia ini, ada beberapa hewan yang hidupnya harus melewati beberapa tahapan berbeda sebelum menjadi dewasa. Tahapan tersebut bisa terlihat dari perubahan bentuk tubuh hewan. Tahapan-tahapan ini disebut juga dengan "Metamorfosis".
Hewan yang mengalami metamorfosis cukup banyak, di antaranya adalah Katak, Kupu-kupu dan serangga. Sebelum mengetahui tahapan metamotphosis pada katak, kupu-kupu dan serangga. sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis metamorphosis. Apa saja jenis metamorphosis dan proses metamorphosis pada hewan?

Jenis-jenis metamorphosis


1.  Metamorphosis tidak (hemimetabolisme) sempurna  Metamorphosis tidak sempurna umumnya terjadi pada hewan jenis serangga seperti capung, belalang, jangkrik dan lainnya. Mengapa dikatakan tidak sempurna ? Jawabannya adalah karena hewan tersebut hanya melewati 3 tahapan, yaitu dari telur menjadi nimfa kemudian menjadi hewan dewasa.





2. Metamorphosis (Holometabolisme)sempurna Metamorphosis sempurna mengalami 4 tahapan pertumbuhan yaitu Telur, larva pupa dan dewasa. Contoh proses metamorphosis sempurna terjadi pada katak dan kupu-kupu. Seperti terlihat pada gambar di bawah.
    Metamorfosis Katak

     Pada awalnya, katak betina dewasa akan bertelur, kemudian telur tersebut akan menetas setelah 10 hari. Setelah menetas, telur katak tersebut menetas menjadi Berudu. Setelah berumur 2 hari, Berudu mempunyai insang luar yang berbulu untuk bernapas. Setelah berumur 3 minggu insang berudu akan tertutup oleh kulit. Menjelang umur 8 minggu, kaki belakang berudu akan terbentuk kemudian membesar ketika kaki depan mulai muncul. Umur 12 minggu, kaki depannya mulai berbentuk, ekornya menjadi pendek serta bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota badannya sempurna, katak tersebut akan berubah menjadi katak dewasa.

    Metamorfosis Kupu-kupu
     Pertama-tama, kupu-kupu akan bertelur. Telur tersebut akan menetas menjadi Larva (ulat), ulat tersebut akan berubah bentuknya menjadi panjang. Ulat tersebut nantinya akan menempel pada pohon dan daun-daunan sehingga menjadi kepompong. Setelah beberapa lama, dari kepompong tersebut akan keluar seekor kupu-kupu yang masih muda. Kemudian tidak berapa lama menjadi kupu-kupu dewasa.












    Sumber : e-smartschool

    7 komentar:

    1. Salam

      Nice share kawan. Ulat, kepompong dan kupu2 merupakan filosofis kehidupan...

      Salam kawan

      BalasHapus
    2. makasih infonya ...............

      BalasHapus
    3. pernah belajar tentang metamorfosis, tapi sekarang udah cukup lupa. untung artikel ini, makasih infonya :)

      BalasHapus
    4. gan tau ga 6 hewan yang bermetamorfosis sempurna dan tidak sempurna ?

      BalasHapus

    Membuat perangkat USB bootable dengan mudah

    Rufus adalah alat yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. Rufu...