Persiapan Menghadapi UN

    Bulan januari merupakan masa-masa yang sangat sibuk khususnya untuk kelas 6, kelas 9 dan kelas 12. Ada apa itu ? Mungkin kita semua sudah tahu pada bulan itu rata-rata sekolah sibul persiapan pelajaran tambahan . . Efektifkah kira kira, ternyata setelah ada sedikit perbincangan dengan beberapa siswa hasilnya malah tidak mengerti , pusing bingung dan lain-lain ?? aduuh kasihaan.
   
   Memang untuk Kelulusan tahun ini tidak seperti tahun-tahun kemarin, karena nilai dari sekolah masih bisa mendongkrak kelulusan sebesar 40% sementara UN 60%. Ini tidak telalu luas saya bahas sudah banyak blog yang membahas tentang kelulusan tahun 2011.

     Kita akan kembali lagi ke masalah belajar tambaha, Kalau saya sendiri memperhatikan anak-anak  semakin mendekati UN semakin dijejalkan ilmu, itu sama sekali tidak masuk diakal, dan ilmunya ibaratnya seperti karbitan. Kita misalkan air satu gayung langusung kita masukkan kebotol tetapi tidak pelan-pelan apa yang terjadi? air yang kita masukkan akan banyak yang tumpah, sebaliknya jika kita masukkan pelan-pelan pasti banyak yang masuk dalam dalam botol.
Sama dengan otak kita, jika secara tiba-tiba harus belajar 6 pelajaran yang berbeda untuk sma dalam waktu singkat apakah mampu? belum lagi keadaan rasa takut kalau tidak lulus.
Solusinya menghadapi UN menurut saya:
  1. Setelah kita sudah kelas XII atau IX atau VI persiapkan sejak dini, kita  mengulas pelajaran yang telah lalu, jika kurang paham tanya sama guru bidang studi
  2. Usahakan membaca-baca buku tentang persiapan UN, karena buku tersebut bisanya sudah sesuai standar kelulusan.
  3. Hadapi dengan optimis, jangan ada rasa takut tidak lulus (efeknya nanti bisa stress)
  4. Belajar santai saja , karena dengan santai pelajaran akan mudah diserap
  5. Jika ada banyak pelajaran tambahan, anggap saja itu merupakan pelajaran ulanagn bagi anda?
  6. Jangan lupa selalu ber do'a, karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin tapi Tuhan yang menentukan. 
Hanya itu yang bisa saya tulis moga-moga kalian semua lulus semua dengan nilai yang memuaskan  . . . amin 3x, hanyaini yang bisa saya tulis diblog . moga-moga membantu anda
Tag : pendidikan
0 Komentar untuk "Persiapan Menghadapi UN"

Back To Top