Kemana Setelah Lulus SMA

 Kemana Setelah Lulus SMA? Pertanyaan itu selalu muncul bersamaan dengan kelulusan sekolah SMA/SMK, dan bisanyanya siswa SMA/SMK bingung, jika mau kuliah jurusan apa, jika kerja  lalu kerja apa ? bingung deh



Tulisan ini untuk bekal bagi para siswa SMA / SMK yang lulus UAN, dan bagi yang belum lulus harap bersabar, tulisan ini bisa juga dijadikan bekal jika sudah lulus dalam UAN nantinya.
Terus apa bekalnya?  . . .
Biasanya setelah lulus SMA ada   pertanyaan, dan jawabanya yaitu Kuliah, Kerja, Nikah atau Bisa juga Nganggur?


Kuliah : Jika niatnya setelah lulus SMA mau melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi, maka beberapa pertahankan niat anda itu. Memang yang utama adalah niat, jika niat sudah kuat maka banyak jalan ke Roma. Setelah niat ke Perguruan Tinggi kuat, maka agar niat anda tercapai dengan baik maka pilihlah Perguruan Tinggi Idaman.
Jika tujuan Anda adalah melanjutkan Kuliah setelah Lulus SMA, maka yang perlu  diperhatikan dlam memilih Perguruan Tinggi adalah pilihlah Perguruan tinggi Idaman.
Kerja : Jika setelah lulus SMA / SMK memilih untuk kerja, maka pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda. Untuk lowongan pekerjaan lulusan SMA / SMK memang lingkupnya sangat terbatas, itupun masih dibutuhkan ketrampilan tambahan seperti harus menguasai computer.  Jenis pekerjaan bagi lulusan SMA ini memang tidak bisa pilih-pilih, dengan semakin majunya perkembangan zaman maka specifikasi yang dibutuhkan dalam jenis pekerjaan juga semakin tinggi.
Nikah : Kayaknya enak ya setelah lulus SMA langsung nikah. Tapi sebetulnya pilihan ini juga bukan idaman dari para siswa setelah lulus SMA. Pilihan nikah setelah lulus SMA juga kemungkinan karena terpaksa dengan alasan yang mirip alasan nganggur diatas, daripada nganngur mendingan kawin eh nikah. Dibeberapa daerah di Indonesia khususnya di kampung-kampung masih ada kebiasaan khususnya para gadis, setelah lulus SMA langsung nikah atau nunggu nikah.
Nganggur : Menganggur setelah lulus SMA mungkin bukanlah pilihan yang diidamkan tapi kemungkinan karena terpaksa. Yah terpaksa nganggur karena tidak lulus masuk perguruan tinggi, atau biaya masuk perguruan tinggi belum cukup, atau memberikan kesempatan kepada adik-adik yang masih membutuhkan biaya sekolah, atau mempunyai alasan lainnya. Yang jelas pilihan menganggur kayaknya bukan idaman setiap siswa tapi karena terpaksa.
Tag : pendidikan
5 Komentar untuk "Kemana Setelah Lulus SMA"

boleh nganggur tapi jangan lama-lama he he he

Salam

Kalau saya dulu ambil pelatihan yang di adakan pemda setempat dengan anggaran APBD alias gratis dan syaratnya harus lulus tes sesuai jurusan yang dipilih.

Jadi sambil mengisi waktu dapat ilmu juga. Nama pelatihan itu BLK (balai latihan kerja).

Salam kawan

lulus sma bantu orang tua di sawah...

salam kenal.... saya hendra, 22 tahun.
saya juga lulusan SMA, saya tdk mau kuliah... kenapa? karena saya menganggap bukanlah gelar yang saya kejar untuk masa depan, tetapi dari usaha karya mandiri lah saya bisa sukses di masa depan jika saya serius dan terus berusaha. ortu saya sebenarnya sanggup kuliahkan saya, tapi saya tdk mau menyusahkan ortu saya hanya karna mengejar gelar semata. yang harus teman teman ketahui adalah di negeri ini saat ini yg dibutuhkan adalah SKILL... gelar boleh nomor satu, tapi skill adalah yg terutama.

usaha saya adalah percetakan... 2 tahun lalu modal saya buat usaha percetakan hanya 500 rb saja, dalam waktu 1 tahun.. saya sudah buka cabang dimana mana, sampai saat ini sudah jalan 3 tahun lebih dan mencapai 7 cabang percetakan di kota kota... dengan omzet pendapatan per tahun 50 juta, setara dgn = Rp. 7 juta/ bulan... bayangkan saja ! , S1, S2, S3 .. tdk ada berpendapatan sperti itu.. kecuali PNS.. dgn gaji 20 juta/ bulan. yaah... saya senang sekali, dan kini saya sdh punya 3 unit rumah mewah berkelas... 2 bulan lg saya membuat usaha restorant dan perhotelan.. doakan yaa teman teman.. ^^

ENTREPRENEUR..

Back To Top