Alternatif Usaha Setelah SMA

Biasanya setelah SMA yang keuangannya pas-pasan seperti saya ini . . untuk makan saja sulit apa lagi kuliah. Ada beberapa alternatif kerja yang kita sendiri bisa mandiri. Tanpa ikut kerja Orang lain, bahkan kita jika maju bisa membuka peluang kerja orang lain. Beberapa Alternatif usaha yang saya ketahui adalah:



  1.  Service Komputer : Jika anda telah lulus SMA untuk kuliah merasa berat, kerja adalah alternatif yang baik. salah satunya service  komputer, Kenapa? sekarang ini komputer bukan barang mewah lagi, jadi rata-rata tiap 10 rumah ada komputer. Nah ini peluang anda untuk dijadikan usaha, kita tahu komputer salah dikit aja udah ngambek. Setelah lulus SMA kursus sekitar 6 bulan, Ikut service komputer tempat anggap saja 1 tahun  maksudnya cari pengalaman. Selanjutnya usahakan membuka service komputer sendiri jangan ikut orang terus. Sebab orientasi kita mandiri. Nah jika sudah buka harus sabar, jika perlu jemput bola dengan cara pasang iklan atau service panggilan.
  2. Service Hand Phone :  HP bukan merupaka barang yang mewah lagi hampir semua menggunakannya, ini merupakan peluang berharga untuk anda. Setelah lulus SMA cari tempat untuk kursus HP segala merkmungkin memakan waktu sekitar 3 bulan, anda harus cari pengalaman dengan ikut orang dulu agar terlatih. Jika sudah siap buka Service HP dan jualan pulsa. ini merupaka peluang usaha yang sangat bagus
  3. Menjahit Baju atau Celana : Nah yang satu ini biasanya jika sudah tamat SMA dipandang sebalah mata, Katanya gak cocok untuk lulus SMA. Kita bukan cocok apa tidaknya tetapi kita bisa mandiri tanpa tergantung oleh atasan kita. Bahkan kita bisa jadi atasan. pada dasarnya sama kursus setelah mahir ikut orang. Jika sudah cukup ilmunya baru buka jahitan. Ini terus terang saya kuliah sambil jahit celana atau baju. Jika sehari dapat 2 celana saja, terus oangkosnya 1 celana Rp 40.000 maka tiap hari sudah dapat Rp 80.000. Dipotong biaya sekita Rp.15.000 maka yang dikantongi udah Rp 50.000 sehari. Jika ada Permak ( perbaikan ) misalnya potong celana jeans 1 Rp 5.000 jika ada 5 udah Rp 25.000. ini merupaka prospek yang sangat baik menurut saya
  4. Potong Rambut Pria : Ini kelihatan tidak keren sama sekali kedenganrannya, tapi ini merupakan peluang usaha. kita kursus  paling sekitar 1 bulan saja untuk potong rambut pria. langsung ikut saja ditempat kursus memotong rambut untuk cari pengalaman. jika saudah mahir silakan cari tempat yang cocok untuk potong rambut. Sekali potong rambut sekitar Rp 8.000, saya sering tanya berapa 1 hari bisa potong rambut? Katanya minimal 10-15 potongan jadi tinggal mengalikan saja.
Semua alternatif diatas jika kita mau sungguh-sungguh maka akam mengurangi pengangguran dan tidak terikat oleh atasan. Kerja jika dilakukan dengan baik maka hasilnya akan baik pula.
Mungkin ada yang tanya kok gak kursus komputer biar keren? Wah jika kursus sudah biasa dan banyak sekali, mungkin alternatif diatas yang potong rambut sama jahit baju kurang keren, tapi itu lah yang cepat menghasilkan dari pada yang lain. atau dari pada kita ikut kerja ke orang.
cukup sampai disini mungkin akan ada lanjutannya.
0 Komentar untuk "Alternatif Usaha Setelah SMA"

Back To Top