Ketupat Kandangan

Hari ini kita bersantai ria dengan kuliner ketupat kandangan

Ketupat kandangan sebenarnya bukan merupakan makanan khas dari kalimantan tengah atau kapuas. Sesuai namanya ketupat Kandangan berasal dari Daerah kandangan Propinsi kalimantan Selatan. Tapi Ketupat kandangan terkenal juga di Kalimantan tengah Khusunya Palangkaraya dan Kapuas. Jadi kalau singgah di palangkaraya atau kapuas sempatkan makan ketupat Kandanagan.
Ketupat Kandangan berbeda denagn ketupat yang ada dijawa, Cirinya ketupatnya tidak terlalu besar, dan mudah hancur jika kita hancur pakai sendok atau tangan. Jika dijawa ketupatnya dipotong-potong oleh penjual nya, kalau di sini cukup dipotong jadi dua terus dihancur sendiri.


Dimana letak khasnya:
Ketupat Kandangan biasanya Menggunakan Kuah santan yang berlemak kental, Ikannya yang khas ikan bakar gabus yang besar. Lalu ikan dicampurkan dalam kuah tersebut bersama ketupat dalam piring.
Cara makannya pun unik. Ketupat  diremas-remas pakai tangan (tanpa sendok) di dalam kuah santan nan gurih. Disantap dengan ikan gabus atau haruan yang sudah dipanggang dan diperasin jeruk nipis. Menu ini semakin menggigit karena dipadu dengan sambal pedasnya. Hmm…betapa nikmatnya kalau pagi-pagi sarapan  Ketupat Kandangan.

 Ketupat ini Kebiasaan dimakan pagi hari untuk sarapan. Jika kita makan di warung sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000. mau cob silakan datang ke Kapuas atau Palangkaraya bisa juga di Banjarmasin. jika gak merasakan akan menyesal
19 Komentar untuk "Ketupat Kandangan"

klo di kalimantan timur biasanya klo mo lebaran aja nih pak, sama kayak dijawa...cuma cara penyajian ma namanya aja yang beda kali ya...

@ myone1way ; kalau palangkaraya, kapuas dan kalsel tiap pagi ada, jika lebaran lontong atau nasi kuning biasanya
@ must_once; rasanya enak tenan mas, ketupat dijawa kalah menurut saya.

Mau-mau-mau, kapan ya saya liburannya..!!!

Dibungkus satu om...!!
Salam Blogger

ulun katuju... tiap pagi makan ketupat kandangan nih pak...
hahaha

was mantap nc kebetuln ane orang kandangan, jadi bangga

sallam kenal sob

@ a,bang3 ;@konveksi jakarta; jikaingin silakan datang ke kapuas atau banjarmasin dijamin ketagihan
@ aldi ; dibanjarmasin banyak juga cari sendiri yah?
@ sasai blog: kandangan tempat yang saraba ada, katupat, dodol, apalagi kada tahu aku . . .

ulahan acil mana gerang, ketupatna?...

Jadi pengin makan ketupat kandangan

Whuaaahh...
Jadi LAPER nuiy kak..
PngEn maEm tuh!!
ͼ⎝⋗⍜⋖⎠ͽ

@ nogrohosadie: olahan acil Odah nyaman banget
@ azis fotografi : mas azis orang banjar juga cari saja dibanjar lebih mak yus
@ MaPhia BlacK: untuk adikku, jika udah pernah makan pasti ketagihan he he he

walaupun saya bukan orang banjar, tetapi Ketupat Kandangan termasuk makanan favoritku ...
bungkus yukk ...

wah ketupatnya beda dengan yang di sumatra..

@prie: sama juga saya asli jawa tapi ketupat kandangan favoritku juga
@se-masa: memang ketupat ini agak lain dari yang biasa, jika mudah hancur malah enak. hi hi hi

jadi laperr nich, sepertinya enak ketupat khas ini...kirim lewat sms ya mas he he he...

Beeeew gak pernah coba gw,
;( jd pengen . . . ,

wah,,,q yg cuma baca az dah ngiler,,,,hehehehe

jd ngiler kal ingt ketupat aplg nasi kuning dgn ikan haruan di msk habang...mungkn udh hmpr 10 thn mungk sktr 5/6 kali yg msuk perut semenjk thn 2000.

Back To Top