Usaha Mandiri Setelah SMA

Saya ucapkan selamat bagi yang telah lulus SMA beberapa hari yang lalu, bagi yang belum lulus jalan masih panjang jangan mudah putus asa.
Setelah lulus SMA pasti sangat gembira sekali, dan kegembiraan biasanya hanya sekejap saja. Karena masih banyak jalan panjang yang harus dilalui. Bagi yang siap kuliah, pasti persiapan telah dilakukan untuk masuk perguruan tinggi, saya telah bahas jurusan yang cocok untuk anda diblog ini.
Nah, yang ingin saya tulis disini? Usaha mandiri setelah anda tamat SMA?
Karena lulusan SMA memang agak susah untuk di terima kerja.
Saya penulis hanya ingin memberi saran saja, moga-moga bisa jadi pertimbangan.

Saran saya tidak terlalu muluk2, jika anda tamat SMA terus ingin lembaga pendidkan komputer (kursus) , bagus juga. Kalau menurut saya alangkah baiknya dipertimbangkan lebih dahulu?
kenapa? kursus memerlukan biaya banyak dan lapangan kerja tidak memungkinkan untuk langsung kerja.
Kursus service komputer, ini bagus saja. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Jika anda telah selesei kursus, biasanya anda masih mencari lagi pekerjaan. artinya anda masih belum mampu mandiri, jika anda mampu mandiri saya patut angkat jempol. Artinya anda telah punya pemikiran mandiri.



Nah ini saran penulis, moga-moga banyak yang terbuka pemikirannya. Saran penulis alangkah baiknya sekarang ini kursus service Hand Phone, kenapa? Kelihatannya kurang keren dibandingkan kursus komputer , service komputer atau kursus yang lain. Ya kelihatanya kurang keren, tapi untuk usaha mandiri merupakan alternatif yang jitu. Kita membandingkan kira-kira yang punya 10 rumah cuma ada 1 komputer. kita bandingkan dengan Hand Phone 1 rumah bisa 2 HP. Nah dengan membandingkan hal tersebut kita bisa meraba pangsa mana yang cocok, HP sekarang tidak untuk kalangan kota saja tetapi sudah merata. andaikan kita membuka kios di pinggiran kota masih merupakan prospek yang bagus.

Biaya jika anda ingin usaha mandir membuka service counter kira-kira rincian biayanya adalah biaya kursus service HP biaya berkisar 1,5 juta, beli Komputer pentium IV scond saja sudah cukup sekitar 2,5 juta. plus lain-lain sambil jual pulsa 2 juta. jadi modal sekitar 6 juta, jika ditambah sewa kios anggap saja 4 juta selama 6 bulan. jadi total biaya sekitar 10 juta anda sudah bisa mandiri.

Tulisan diatas sebagai pembuka wacana, jika anda mungkin sudah tidak kuliah lagi. Agar tidak salah jalan dan tidak mengikuti trend untuk kursus. sebab biaya kursus sekarang sangat mahal juga.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua pembaca.
5 Komentar untuk "Usaha Mandiri Setelah SMA"

Nah, bagi yang ada di area madiun, kertosono, kediri, blitar, pare, tulungagung, trenggalek, dan berminat wira usaha kami membuka kesempatan untuk bekerja sama membuka bakso manteb Cak Imo, anda menyediakan tempat dan gerobaknya saja nanti mengikuti pelatihan/magang. No initial fee untuk 5 peminat pertama. Maaf pak guru numpang iklan he he

Sepakat mas.. kewirausahaan seharusnya tidak dipelajari saja tapi dipraktekkan.. sudah ga waktunya kita menengadahkan tangan terus ke pemerintah.. pemerintahnya kurang bisa diandalkan..... pak SBY pisssss :) yang penting sekarang gimana caranya dapat duit mandiri, halal dan ga nipu orng.. btl tidak?

untuk komentarnyaterima kasih,

sip artikel nya bagus gan,,,

Back To Top