Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari dari sekolah yang tak terpisahkan. Saya menulis perpustakaan sekolah, sebab mengelola perpustakaan sekolah sekitar 4 tahun, jadi paling tidak engetahui seluk beluk perpustakaan sekolah.

Perpustakaan sekolah adalah roh dari kemajuan pendidikan sekolah, ada juga yang mengatakan jantung dari sekolah. Kenapa dikatan begitu? Mungkin siswa dirumah tidak bisa belajar dengan maksimal, di perpustakaan bisa berdikusi dengan kawan-kawannya. tentang berbagai hal tentang pelajaran atau ilmu pengetahuan umum.
Karena perpustakan merupakan tempat yang tenang dengan banyak sumber buku yang ada.



Bagaimana peran Sekolah tentang perpustakaan sekolah, yang pasti menyediakan ruangan serta buku-buku referensi ( buku biasanya dapat dari bantuan). Apakah itu cukup, saya sendiri mengatakan tidak.
Perpustakaan dikata kan layak bila menurut saya?
a. Tempat nyaman, jauh dari bising. (bila perlu pakai AC)
b. Tempat terang, Ada ventilasi udara ( jika tak ada AC)
c. Tempat stategis sehingga mudah dijangkau dari seluruh ruang kelas
d. Penataan buku yang baik sehingga jika ada yang mencari mudah menunjkkan.
e. Menyediakan buku-buku pelajaran
f. Menyediakan buku-buku ilmu pengetahuan umum ( atau sejenis nya)
g. pelayanan yang baik
h. Jika ada yang menambah saya ucapkan terima kasih (. . . .)

Kenapa itu semua harus dilakuakn yang jelas pengunjung agar betah dan sebagai alternatif belajar siswa, tugas-tugas dari guru atau Ilmu pengetahuan umum yang diperlukan oleh siswa.

Nah sekolah sekolah yang tidak peduli perpustakaan biasanya memandang perpustakaan hanya sebagai pelengkap. Ruangan yang ada hanya sebagai gudang buku yang tidak berguna, dan tempatnya di Pojok sekaloh sehingga siswa lebih malas ke perpustakaan.

Yang lebih parah lagi ruang perpustakaan yang telah ada di hilangkan dijadikan ruang kelas. Sekolah seperti ini hanya mencari siswa sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan pendidikan kedepan bagaimana. Dan sekolah tipe ini memang ada, yang saya heran pantaskah disebut sekolah jika jantungnya rusak atau rohnya tidak ada?

Mudah-mudahan dengan sedikit tulisan disini menambah wawasan kita tentang pentingnya perpustakaan bagi sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya.
7 Komentar untuk "Perpustakaan Sekolah"

mau nanya pak?Saya mhs..mau daftar di perpustakaan daerah kuala kapuas itu dimana ya?

@Achito: Di jalan soeprapto, mas. dibukit ngelangkang dekat rumah jabatan bupati

memang keberadaan perpustaan mutlak dibutuhkan dalam dunia pendidikan, karena dengan adanya perpustakaan masyarakat dapat mengerti tentang ilmu pengetahuan....

@Stasiun Blog : oke saya sependapat sengan anda.

solisi bagi mereka yang tidak bisa membeli buku

@rumput dan ilalang: setuju sekali sekali pak?

klo bisa internet aja pak, klo digunakan dengan baik pasti lebih cepat mencari referensi di google daripada bolak-balik buku di perpustakaan...

Back To Top