English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kunci Determinasi

Kunci Determinasi yaitu cara atau langkah untuk mengenali organisme dan mengelompokkannya atau menggolongkan makhluk hidup.

Berisi deskripsi ciri-ciri organisme yang disajikan dengan karakter berlawanan.
Dan terdiri dari sederetan pernyataan yang terdiri dari dua baris dengan ciri yang berlawanan.

Contoh :
Kunci Determinasi Sederhana. Tumbuhan


  1. a. daun tunggal ……………………………. 2
  2. b. daun majemuk ………………………….4
  3. a. bangun daun bergaris …………………(rumput)
  4. b. bangun daun lebar ………………………3
  5. a. tepi daun bergerigi ……………………… (bunga sepatu)
  6. b. tepi daun bercangap …………………….(kentang)
  7. a. daun dengan tujuh helai anak daun …………….(kapuk)
  8. b. daun lebih dari tujuh helai anak daun …………….5
  9. a. anak daun duduk pada ibu tangkai daun ………… (mahoni)
  10. b. anak daun duduk pada cabang tingkat satu dari ibu tangkai daun………….( kembang merak) Contoh Untuk Hewan
Kunci dikotom filum Arthropoda :
   1  a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ......... Insekta
       b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ............. 2
   2  a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut .................3
       b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ................ 4
   3  a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki .................... ... Arachnida
       b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ................ Crustacea
   4  a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki...... Chilopoda
       b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki...... Diplopoda

    33 komentar:

    1. jadi ingat pelajaran biologi waktu sekolahan dulu :)

      BalasHapus
    2. salam kenal pak juga salam hangat dari Balikpapan

      BalasHapus
    3. blogx bagus pak syang ulun bukan guru biologi jd gak bisa copas. hehe

      BalasHapus
    4. @ hariyanto: moga-mgoa masih bisa menggunakan pak?
      @ Arya-devi: Salam kenl juga pak, sesama blogger borneo
      @ Sriwiyanti: lama bu kita gak ketemu sekita 11 tahun, semoga sehat selalu, blog saya ini umum saja kok bu tidak cuma biologi

      BalasHapus
    5. kunjungan gan .,.
      saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
      dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
      di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

      BalasHapus
    6. banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang kunci determinas, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

      BalasHapus
    7. kunjungan perdana...salam kenal

      BalasHapus
    8. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
      Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
      ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

      BalasHapus
    9. Nie kunjungan perdana aku...kebetulan aku punya tgs tentang kunci determinasix manggis
      aku belum terlalu ngerti soal kunci determinasinya,,..
      masih sering bingung...bisa bantuin aku nentuin kunci tuk manggis...

      BalasHapus
    10. makacih infonya... kebetulan ane klas 7 smp

      BalasHapus
    11. tolong pak, minta contoh kunci determinasi hewan yg lengkap

      BalasHapus
    12. tolong pak, minta contoh kunci determinasi hewan yg lengkap

      BalasHapus
    13. Terima Kasih,,, jadinya saya tambah mengerti tentang kunci determinasi HeHeHe :) ^_^

      BalasHapus
    14. wah ,, jadi kangen masa masa smp :D

      BalasHapus
    15. masih bingung

      BalasHapus
    16. makasih atas ilmunya :)

      BalasHapus
    17. kunci determinasi tumbuhan yg lengkap dimana ya pak?

      BalasHapus
    18. Mantap sekali contohnya, terima kasih telah berbagi.

      BalasHapus
    19. Contoh sederhana tapi bermanfaat buat aku yang lagi bingung dapat tugas. makasih yaa

      BalasHapus
    20. Informasinya sangat lengkap dan menarik banget,

      BalasHapus
    21. makasih infonya:)

      BalasHapus
    22. Allhadulilla , bermanfaat untuk tugas mata kuliah, trims

      BalasHapus
    23. waw sungguh suatu pelajaran yang luar biasa terimakasih atas ilmu yang saudara berikan

      BalasHapus
    24. gimana sih cara menggunakan kunci determinasi??


      #bingung

      BalasHapus
    25. terimakasih banyak

      BalasHapus
    26. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

      Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

      Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

      1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

      2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

      3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

      4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

      BalasHapus
    27. aku masih belum mudeng

      BalasHapus