Solusi Bagi Yang Suka Sharing File Word, Excel, Serta Power Point

Ini sebenarnya sudah lama di posting oleh kawan-kawan lewat blog, Tapi gak apa-apa untuk mengeluarkan uneg-uneg. Awalnya saya kebingungan bagaimana hasil ulangan siswa bisa dimasukkan dalam blog blog, sehingga anak-anak mengetahui melalui blog ( melatih siswa supaya gak gaptek).



Bagi anda yang suka dan ingin sharing file dalam bentuk microsoft word (document) dan microsoft excel(spreadsheet) ataupun microsoft power point (presentation) di blog, maka anda bisa menggunakan berbagai layanan di internet. Salah satu di antaranya adalah layanan yang di sediakan oleh google yaitu Google docs. Dengan google docs anda bisa membuat file microsoft office yang saya sebutkan tadi secara online ataupun anda bisa mengupload file yang sudah jadi alias sudah di kerjakan secara offline dan kemudian ambil kode yang di berikan lalu setelah itu anda bisa menampilkannya di blog anda.

Apa kelebihan dari google docs? dengan google docs anda tidak perlu mempunyai software microsoft office yang lisensi nya sangat mahal terinstall di komputer anda, yang anda perlukan adalah anda bisa online di internet. Sepertinya saya tidak perlu menerangkan bagaimana cara membuat file di google docs karena penggunaannya hampir sama dengan microsoft office. Yang mau saya terangkan adalah bagaimana caramengupload file yang sudah jadi ke google docs dan kemudian menampilkannya di blog anda. Tertarik? yuk mang kita lanjut!

Salah satu syarat untuk bisa menggunakan google docs adalah anda harus mempunyai alamat email di gmail (google acount). Jika selama ini account blogger anda menggunakan gmail maka bisa secara langsung login ke google docs. Bagi anda yang baru pertama kali masuk ke google docs, maka anda harus setuju dengan peraturan yang di buat oleh google. Sudah punya account google?  mari kita serbu google docs.


Lankah 1 : upload file ke google docs.
  1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail anda.
  2. Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda.
  3. Klik tombol browse… di bawah tulisan Browse your computer to select a file to upload:
  4. Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
  5. Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda).
  7. Jika sudah terupload, anda bisa mengeditnya jika mau.
  8. Biasanya data no Shared , berarti data belum bisa di publiskan, untuk mempubliskan Klik no shred (gambar gembok). Maka akam muncul dokumen anda, dibagian atas kanan ada tulisan privat to me (gambar gembok) Klik saja. setelah itu pada privat tome ada tulisan change klik saja. tinggal pilih . udah terpublis dokumen anda.
  9. klik tombol publish now yang ada di bawahnya.
  10. Jika sudah selesai, lihat kembali ke bagian bawahnya!
  11. Klik link bertuliskan More publishing options.
  12. Setelah keluar window pop up, klik menu drop down di sebelah tulisan File format kemudian pilih HTML to embed a webpage.
  13. Klik tombol Generate URL.
  14. Copy kode HTMl yang di berikan, lalu paste pada notepad atau text editor lainnya.
  15. Silahkan di close saja window nya.
  16. Silahkan anda sign out dari google docs . dan masuk blog anda
  17. Selesai.

Berikut adalah contoh file excel sederhana yang saya buat untuk menerangkan tutorial ini :

Tag : internet
8 Komentar untuk "Solusi Bagi Yang Suka Sharing File Word, Excel, Serta Power Point"

hehehe
google docs emang bermanfaat bener...
thanks infonya..:D

good info, semangat terus pak guru. kreatifitas perlu dilanjutkan. goodluck

Nambah lagi nich ilmu kita pak Guru.
Thks

udah tak coba buka file nya..enak banget..nggak perlu di download dan loading-page nya cepet..
terimakasih atas infonya..
wah,,murid Bapak,,nilainya tuntas semua..

makasih banyak, Bang.. info amat bermanfaat nih.. ^^

@MUXLIMO : makasih kembali

Back To Top